FGD Analisa Perekonomian, Komoditas Unggulan, Ekonomi Kerakyatan dan Kelembagaan Ekonomi Sumatera Selatan

Dipimpin oleh Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Bapak Aksoni, SE, MM mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Ibu DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes. Rapat dihadiri unsure BP3MD Provinsi Sumsel, Bakorluh Provinsi Sumsel, Biro Perekonmian Setda Provinsi Sumsel, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi SUmsel, Dinas Koperasi Provinsi Sumsel, Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi SUmsel, dan diikuti dari unsure Bappeda Provinsi Sumatera Selatan yaitu; Staf Bidang Program Data dan Informasi, Staf Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan, Staf Bidang Perekonomian, dan Staf UPTB Penataan Ruang Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Rapat FGD analisa perekonomian, komoditas unggulan, ekonomi kerakyatan dan kelembagaan ekonomi Sumatera Selatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, yang pada kesempatannya membahas mengenai perkembangan dan rencana pembangunan sumsel terkait, potensi Sumsel, potensi energy, sumber daya pertanian, perkembangan perekonomian terkini, kinerja makro Sumsel, perkembangan inflasi nasional dan inflasi Sumsel, penurunan tingkat kemiskinan, peningkatan IPM Sumsel, komponen pendapatan 15 Kabupaten/Kota, program sekolah gratis dan berobat gratis, tujuan dan sasaran pembangunan makro, serta strategi pembangunan ekonomi.

Kemudian materi disampaikam oleh Ketua Program Studi Magister Agribisnis Fakultas Pertanian Unsri, Bapak Prof. DR. Ir. Andy Muliyana, M.Sc membahas mengenai analisis daya serap pasar dan hilirisasi komoditas agro unggulan Sumsel, dilanjutkan oleh DR. Dedi Rianto Rahadi membahas mengenai analisis dukungan permodalanbagi pelaku ekonomi di Sumatera Selatan, dan efektivitas kelembagaan ekonomi produktif di Sumatera Selatan. (Admin)