Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Rapat Pembahasan Rencana Pembangunan Alur Pelayaran Sungai Lematang oleh PT. Pelindo II

Palembang, 30 Juni 2015 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Selasa 30 Juni 2015 menggelar Rapat Pembahasan Rencana Pembangunan Alur Pelayaran Sungai Lematang oleh PT. Pelindo II pada Pukul 09.00 WIB bertempat di Lt. II Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Dipimpin oleh Ibu Regina Ariyanti, ST selaku Kepala UPTB Penataan Ruang mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Ibu DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes. Rapat Pembahasan Rencana Pembangunan Alur Pelayaran Sungai Lematang oleh PT. Pelindo membahas mengenai rencana pembangunan alur pelayaran angkutan batubara di sungai Lematang sebagai upaya optimalisasi pemanfaatan sungai Musi oleh PT. Pelindo II cabang Palembang..

Rapat tersebut dihadiri oleh GM PT. Pelindo II cabang Palembang Bapa Rizki Widhiono, Dirut BUMD. PDPDE, diikuti unsur dari Bappeda Provinsi Sumatera Selatan dihadiri oleh Kasi Pengolahan Data dan Informasi UPTB Penataan Ruang, Kasi Pengairan dan Keciptakaryaan, dan Staf UPTB Penataan Ruang, serta unsur Dinas Perhubungan dan Kominfo, Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas PU Pengairan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, dan Badan Lingkungan Hidup.

GM. PT. Pelindo II Cabang Palembang memaparkan terkait rencana pengembangan alur pengangkutan batubara, pembahasan rencana penyodetan sungai Lematang di 32 titik, dan pelabuhan laut dalam di Tanjung Api-Api. Hasil diskusi diperoleh gambaran bahwa untuk mencapai produksi batubara sebesar 20 – 35 MTPA (juta ton) pada Tahun 2020 di Sumatera Selatan, maka perlu upaya optimalisasi pemanfaatan sungai Musi. Dalam hal ini memanfaatkan sungai Lematang (tribury dari sungai Musi) sebagai alur pelayaran angkutan batubara, maka perlu perlakuan pengerukan, pelebaran, penyodetan di 32 titik, bantuan navigasi, perlindungan bantaran sungai dan penyesuaian jembatan eksisting. Terkait hal ini, maka perlu tindak lanjut dengan penyusunan FS, AMDAL dan kesesuaian alur pelayaran dengan RTRW Provinsi Sumatera Selatan dan RTRW kabupaten yang dilalui dalam rencana pembangunan alur pelayaran batubara ini (Admin)

 

01 Juli 2015 12:38:46 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan