Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2015

Palembang, 23 Juni 2015 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan pada hari Selasa, 23 Juni 2015 pukul 09.00 WIB, mengadakan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2015 yang bertempat di Ruangan Rapat Bappeda Lt. III Provinsi Sumatera Selatan.

 Dihadiri oleh Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri DR. H. Sofjan Bahar, M.Sc, Bappeda Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Selatan diantaranya; Bappeda Kota Palembang, Bappeda Lubuk Linggau, Bappeda Musi Rawas, Bappeda OKU Timur, dan Bappeda OKI, serta diikuti Kepala Bidang Program Data dan Informasi, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Kepala Bidang PEP, Kasubbid Sosial dan Budaya, dan Perwakilan Staf Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, unsur BPKAD, BKD Prov. Sumsel, BPMPD, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunagan Anak, Balitbangnovda, Badan Arsip Daerah, BLH Prov. Sumsel, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Koperasi, Dinas Kehutanan, Dinas PU Cipta Karya, Dinas PU Pengairan, Dishubkominfo, Disperindag Provinsi Sumatera Selatan.

 Pembuka acara dipimpin oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes dilanjutkan oleh paparan dari Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri DR. H. Sofjan Bahar, M.Sc. Dalam hal ini dijelaskan definisi SIPD sendiri adalah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengidentifikasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi.

SIPD perlu menjadi bagian dari tugas pokok perangkat daerah yang membidangi statistik daerah/perangkat daerah, ditingkat pusat pengelolaan SIPD akan lebih dioptimalkan bila melibatkan K/L lain seperti BPS dan Bappenas, pengelolaan SIPD di daerah akan dipantau secara online dengan form isian dalam aplikasi SIPD.

Kesimpulan dalam sosialisasi dan koordinasi pelaksanaan kegiatan ini yaitu SIPD diharapkan bisa digunakan oleh Bappenas dan K/L sehingga dapat dipakai dalam proses penyusunan dokumentasi perencanaan dan kualitas perencanaan dapat lebih baik dikarenakan data sudah lebih akurat. (Admin)

24 Juni 2015 09:33:03 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan