Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Rapat Analisa Perencanaan Perekonomian Sumatera Selatan

Palembang, 11 Juni 2015 Bappeda Provinsi Sumsel, pada hari Kamis 11 Juni 2015 pukul 14.00 WIB, mengadakan Rapat Analisa Perencanaan Perekonomian Sumatera Selatan Tahun 2015 yang dipimpin oleh Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Bapak Aksoni, SE, MM mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Ibu DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes.

Dihadiri oleh 3 Narasumber yaitu DR. Dedi Rianto Rahadi, Prof. Andy Muliana, dan Prof. Nur Achmadi, diikuti oleh Kepala Bidang Program Data dan Informasi, Kepala Bidang Sosial dan Budaya, Kasubbid Sarana dan Prasarana, beserta Staf Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, unsur Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perkebunan, Badan Koordinasi Penyuluh, Balitbangnovda dan BP3MD. 

Dalam berlangsungnya rapat, Kepala Bidang Perekonomian membahas perekonomian di Sumatera Selatan diantaranya mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Sumatera Selatan, tingkat inflasi di Indonesia dan Sumatera Selatan, indeks daya saing Provinsi serta persentase kemiskinan Provinsi Sumatera Selatan.

Kemudian paparan dilanjutkan oleh Ketua Program Studi Magister Agribisnis Fakultas Pertanian UNSRI Prof. Andy Muliana mengenai peningkatan produktivitas komoditas unggulan Sumatera Selatan melalui Hilirisasi, dilanjutkan oleh Bapak Nur Achmadi yang memaparkan terkait ekonomi kerakyatan diantaranya; proses globalisasi, masalah ketimpangan ekonomi, pola-pola pembinaan & pengembangan ekonomi kerakyatan, pola-pola pertumbuhan sektoral.

Disela diskusi rapat, Bapak Nur Achmadi menambahkan adapun tujuan dari ekonomi kerakyatan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengendalikan jalannya roda perekonomian. Paparan terakhir disampaikan oleh DR. Dedi Rianto Rahadi mengenai efektivitas kelembagaan ekonomi produktif di Sumatera Selatan yang diantaranya adalah usaha ekonomi produktif (UEP), jumlah kelembagaan yang akan berjalan dan kondisi yang diharapkan. (admin)

15 Juni 2015 14:03:24 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan