Gubernur Sumsel tandatangani MoU bangun Monorel

Dengan dilakukannya penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut, menjadi daerah pertama yang merealisasikan proyek monorel untuk mengatasi masalah kemacetan arus lalu lintas di ibu kota provinsinya, kata Kepala Biro Humas dan Protokol Sumsel Irene Camelyn.

Menurut Irene, proyek monorel yang akan menelan dana sebesar Rp5 triliun itu akan dibangun di Kota Palembang pada akhir 2013.

Selain akan dikerjakan PT True North Bridge Capital sejumlah investor asal Korea dan Amerka Serikat juga tertarik untuk berinvestasi seperti Hyundai Group dan Engineering Group.

"Proyek monorel akan terus dikawal sehingga bias terlaksana sesuai rencana dan jika benar-benar terwujud proyek ini akan menjadi proyek monorel pertama di Indonesia, " ujarnya.

Dijelakannya, sebagai ibu kota provinsi, Kota Palembang yang terus mengalami pertumbuhan pesat setelah penyelenggaraan SEA Games pada November 2011, mulai menghadapi masalah kemacetan arus lalu lintas.

Kemacetan arus lalu lintas disejumlah jalan protocol terutama pada jam-jam sibuk pagi hingga sore hari mulai menghambat aktivitas warga kota yang dikenal denga ikon jembatan Ampera itu.

Permasalahan kemacetan arus lalu lintas itu perlu segera dicarikan solusinya dengan menyiapkan moda transportasi alternative missal seperti monorel yang diharapkan bias memudahkan mobilisasi warga dari rumah ke tempat kerja atau beraktivitas lainnya, kata Irene.

 

Sumber : www.sumsel.antaranews.com