Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Rapat Review Rancangan Akhir RKPD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2016

Palembang, 28 Mei 2015 Bertempat di ruang rapat Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Kamis 28 Mei 2015 Bappeda Sumatera Selatan menyelenggarakan Rapat Review Rancangan Akhir RKPD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2016. Rapat berlangsung pada pukul 09.00 s.d 12.00 WIB dihadiri oleh Seluruh Kepala Bappeda Kabupaten/Kota atau yang mewakili serta Kepala Bidang, Kasubbid, dan Staf Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Rapat dipimpin oleh Sekretaris Bappeda Sumatera Selatan Bapak Syahron Nazil, SH mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Ibu Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes. Dalam paparan yang disampaikan Kepala UPTB Penataan Ruang Bappeda Sumatera Selatan Ibu Regina Aryanti, ST memaparkan Rancangan RKPD Tahun 2016 fokus Kewilayahan yang meliputi gambaran kondisi pembangunan wilayah, kesenjangan infrastruktur wilayah, kesenjangan sosial wilayah, gambaran kekuatan dan potensi wilayah, permasalahan pembangunan wilayah, sasaran dan target pembangunan Kabupaten/Kota Tahun 2016 serta Arah kebijakan terkait strategi pembangunan kewilayahan di Provinsi Sumatera Selatan.

Kabupaten/Kota menyambut baik adanya pembahasan arahan pembangunan wilayah untuk setiap Kabupaten/Kota dan terhadap sasaran atau target yang harus dicapai pada Tahun 2016. Kemudian Kabupaten/Kota menyarankan untuk kegiatan tersebut dapat dilakukan di awal proses penyusunan RKPD sehingga Kabupaten/Kota mendapatkan masukan untuk sinergisitas pembangunan Provinsi dan Kabupaten/Kota, juga mengusulkan agar ke depan masing-masing Kabupaten/Kota dapat mengusulkan program strategisnya yang memerlukan dukungan Provinsi dan pusat antar sektor, sehingga output dari pelaksanaan program strategis tersebut dapat lebih nyata serta dapat memberikan kontribusi di dalam mencapai target sasaran indikator makro.

Kemudian jam 14.00 s.d 17.00 WIB dilanjutkan dengan rapat bersama Tim Review Independen Provinsi Sumatera Selatan yaitu : Prof. Dr. Ir. H. Fachrurrozi Syarkowi, M.Sc, Prof. Dr. H. Didik Susetyo, M.Si, Prof. Dr. Ir. Andy Mulyana, M.Sc, Prof. Dr. H. Joni Emirzon, SH. M.Hum dan Ir. Ari Siswanto, MCRP. Ph.D.

Rapat lanjutan ini dipimpin oleh M. Adhie Martadhiwira, S.Sol., Pol. Admin Kepala Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan, dan paparan disampaikan oleh H. Riza Pahlawi, SE., M.Si Kepala Bidang Program Data dan Informasi tentang Rancangan Akhir RKPD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2016 meliputi Evaluasi Pelaksanaan RKPD Tahun 2014 dan Tahun berjalan 2015, arah kebijakan RKPD Tahun 2016, strategi pembangunan ekonomi, kebijakan pengelolaan keuangan, strategi penurunan kemiskinan, strategi dan arah kebijakan pengelolaan lingkungan, distribusi alokasi pagu per prioritas (APBD), strategi kebijakan pusat dan daerah, target Kabupaten/Kota mengenai pertumbuhan ekonomi Kabupaten/Kota Tahun 2014-2018 serta mekanisme pengusulan program/kegiatan Tahun 2016 melalui sistem e-planning Sumatera Selatan, dan proses penyusunan RKPD Provinsi Sumatera Selatan yang diharapkan kepada Tim Review Independen agar dapat memberikan masukan, saran dan pendapat untuk kesempurnaan RKPD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2016.

01 Juni 2015 08:06:00 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan