Sumsel Terus Diguyur Hujan Ringan

"Berdasarkan pengamatan melalui satelit cuaca terdapat 12 kota berpotensi hujan ringan, sedangkan tiga kota lainnya berpotensi hujan sedang," kata Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel, Indra Purnama di Palembang, Rabu.

Berdasarkan data ke-13 kota berpotensi hujan ringan yakni Palembang, Kayu Agung, Muara Enim, Lahat, Musi Rawas, Sekayu, Pangkalanbalai, Martapura, Indralaya, Tebingtinggi, Lubuklinggau, dan Prabumulih.

Sedangkan tiga kota Sumsel lainnya yang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas curah hujan yang tergolong sedang yakni Kota Baturaja, Muaradua, dan Pagaralam, katanya.

Menurutnya, kota yang berpotensi hujan ringan diprakirakan memiliki suhu udara berkisar 23 - 32 derajat Celcius, kelembaban udara berkisar 63 - 97 persen, kecepatan angin berkisar 25 - 28 km/jam dengan arah angin menuju barat.

Sedangkan kota yang diprakirakan berpotensi hujan dengan intensitas curah hujan sedang memiliki suhu udara berkisar 22 - 31 derajat Celcius, kelembaban udara berkisar 65 - 98 persen, kecepatan angin berkisar 25 - 28 km/jam dengan arah angin menuju barat, kata Indra.

Dijelaskannya, kondisi cuaca pada Januari 2013 ini didominasi hujan ringan dan sedang dengan intensitas curah hujan masih cukup tinggi seperti bulan sebelumnya.

Intensitas curah hujan pada awal tahun ini diprakirakan mencapai 300 - 400 milimeter dan disertai angin kencang, kata pejabat BMKG itu menambahkan.

Sumber : http://palembang.tribunnews.com/2013/01/09/sumsel-terus-diguyur-hujan-ringan