Sumsel tuan rumah MTQ Internasional 2014

 "MTQ Internasional itu akan dilaksanakan sekitar Februari atau Maret 2014," kata Ketua Jamiyyatul Qurrowal Huffadz Sumatera Selatan KHA Nawawi Dencik ketika diterima Wakil Ketua DPRD Sumsel HM Iqbal Romzi di Palembang, Rabu.

 

Menurut dia, kegiatan ini yang pertama dilaksanakan di luar Pulau Jawa, sedangkan di ibu kota Jakarta sudah dua kali.

 

"Jadi, kalau untuk Indonesia ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya dan kalau untuk di luar Pulau Jawa, Sumatera Selatan provinsi pertama melaksanakannya," katanya.

 

Ia mengatakan, dipilihnya Sumsel menjadi tuan rumah, karena provinsi ini terdepan dan yang gemilang, Islamic Solidarity Games (ISG) saja diselenggarakan di daerah ini.

 

Negara yang akan diundang pada kegiatan tersebut sebanyak 20 negara dengan dua cabang yang diperlombakan yakni lomba membaca (tilawah) dan menghafal Al Quran 30 Juz ujarnya.

 

Sementara Wakil Ketua DPRD Sumatera Selatan HM Iqbal Romzi menyambut baik kegiatan MTQ Internasional tersebut.

 

"Kita meyakini masyarakat akan memberikan respon yang positif dan memberikan dukungan penuh, karena kegiatan ini sangat bermanfaat dalam rangka memacu agar masyarakat betul-betul membaca, memahami dan mengamalkan Al Quran sebagai pedoman hidup mereka," ujarnya.

 

Ia melihat masyarakat secara umum dan di kalangan para pelajar, santri pondok pensantren dan madrasah semuanya merindukan kegiatan semacam ini, karena imbasnya sangat positif dalam rangka membangun moral bangsa.

 

Karena itu, lanjutnya, perlu nutrisi yang mampu menyegarkan bangsa dengan muatan-muatan spiritual itulah barangkali memberikan penyeimbangan dalam hidup mereka akan memberikan dampak positif bagian pendidikan moral itu sendiri.

 

Ia menuturkan, kecintaan terhadap Al Quran merupakan jembatan yang mengangkat harkat dan martabat bangsa ini.

 

Sehubungan dengan hal itu, mereka menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut dan sebagai wakil rakyat akan merespon dan salah satu kewajiban anggota dewan memperjuangkan aspirasi masyarakat, tuturnya.

 

Mengenai anggaran yang diperlukan untuk kegiatan itu sendiri tentunya akan diusulkan pada APBD Sumsel 2014 nanti, katanya.

 

http://www.antarasumsel.com/berita/278653/sumsel-tuan-rumah-mtq-internasional-2014