Pendataan Keluarga 2013 diawali dari Gubernur Sumsel

"Pendataan keluarga ini akan diketuai oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Selatan Sri Rahayu yang akan didampingi beberapa kepala bidang serta rombongan kader," kata Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Kantor Perwakilan BKKBN Sumsel Mukminin di Palembang, Kamis.

 

Ia mengemukakan, tujuan pendataan kelaurga ini untuk mendapat informasi yang akan dijadikan masukan dalam perencanaan dan pembuatan program BKKBN pada masa mendatang.

 

Pendataan keluarga itu sendiri akan dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Sumsel setelah dicanangkan hingga September 2013.

 

"BKKBN mengupayakan pendataan keluarga bisa selesai dalam kurun waktu dua bulan sehingga hasil dari kegiatan ini segera digunakan dalam perencanaan program ke depan," katanya.

 

Ia menambahkan, pada rangkaian terakhir temu kerja regional tahun 2013 tentang data dan informasi program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) Nasional, BKKBN telah mencanangkan "Pendataan keluarga Tahun 2013" yang berlangsung mulai 1 Juli hingga 30 September 2013.

 

Hasil pendataan yang dilakukan petugas pendata dari BKKBN dan kader KB yang harus dikumpulkan paling lambat 12 November 2013.

 

"Dari pendataan itu akan didapatkan gambaran tentang ciri maupun keadaan umum keluarga, berkaitan dengan kondisi dan potensi keluarga. Data yang disajikan adalah himpunan data demografi, data keluarga berencana dan data keluarga sejahtera per wilayah," katanya.

 

Sementara, Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel Sri Rahayu menambhkan, BKKBN terus mengoptimalkan program pendataan keluarga yang berisi gambaran umum lembaga terkecil dalam masyarakat Indonesia.

 

"Data keluarga ini sangat strategis bagi pengelolaan program KKB mulai dari tingkat desa hingga skala nasional. Selain itu, bisa juga digunakan bagi program pembangunan yang bersinggungan langsung dengan kondisi keluarga di Indonesia, serta sangat diminati oleh pemerhati dan pengguna data hasil pendataan keluarga," katanya.

 

http://www.antarasumsel.com/berita/276989/pendataan-keluarga-2013-diawali-dari-gubernur-sumsel