BI Palembang layani penukaran uang pecahan Rp3 miliar/hari

"Pada hari pertama saja sudah mencatat sebanyak Rp. 3,2 miliar dan hingga satu sepekan masih berada pada kisaran Rp. 3 miliar," kata Asisten Direktur Bidang Sistem Pembayaran Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah VII Dadan M Sadrah di Palembang, Selasa.

 

Ia mengemukakan, pihaknya menyediakan Rp. 4,2 triliun untuk mengatisipasi kebutuhan uang masyarakat di dua provinsi yakni Sumatera Selatan dan Bangka Belitung selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2013.

 

"BI memprediksi akan terjadi peningkatan kebutuhan uang di Sumsel pada Ramadhan tahun ini sehingga memproyeksikan angka Rp. 4,2 triliun. Sementara pada 2012 hanya Rp. 3,2 triliun," ujarnya.

 

Ia mengemukakan kebutuhan uang yang beredar diperkirakan bakal meningkat lantaran kemajuan ekonomi di dua provinsi itu yang didongkrak oleh komoditas ekspor yakni sawit, karet, batu bara, dan timah.

 

Selain itu, kebiasaan masyarakat melakukan penukaran uang untuk perayaan lebaran juga mendongkrak jumlah kebutuhan akan uang yang beredar dalam bentuk pecahan.

 

"Pada tahun ini terdapat 42 kantor perbankan yang akan turut melayani penukaran uang. Jumlah ini jauh meningkat mengingat pada tahun sebelumnya hanya 14 kantor bank saja," katanya.

 

Terkait dengan peningkatan persentase penukaran uang, ia memprediksi bakal tumbuh 16 persen dibanding tahun lalu mengingat bertepatan dengan pembayaran gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pembayaran tunjangan tambahan penghasilan.

 

Sementara, untuk nominal uang yang diminati masyarakat relatif tidak berbeda dengan tahun lalu yakni Rp. 1.000, Rp.2.000, Rp.5.000, Rp.10.000, dan Rp.20.000.

 

"Untuk pecahan uang Rp.1.000 memang tidak diproduksi lagi karena terakhir dicetak Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia tahun 2011, namun telah disediakan gantinya yakni berupa uang logam," katanya.

 

BI sendiri melayani penukaran uang itu selama lima hari kerja yakni Senin hingga Kamis pada pukul 08.00-11.30 WIB.

 

http://www.antarasumsel.com/berita/276660/bi-palembang-layani-penukaran-uang-pecahan-rp3-miliarhari