Bagi Tujuh Wilayah

Wilayah pertama yakni Kota Palembang, sebagian Banyuasin hingga Pangkalan Balai, sebagian Muara Enim, dan sebagian OKI. Untuk wilayah kedua, sebagian OKI yang memiliki pantai timur dan Banyuasin. Wilayah ketiga, sebagian kecil Banyuasin dan sebagian besar OKI.

 

Untuk wilayah keempat yaitu Muba dan sebagian Banyuasin, wilayah kelima Lubuk Linggau dan Musi Rawas, wilayah keenam sebegian besar Muara enim, sebagian besar Ogan Ilir, OKU dan OKU Timur. "Sedangkan wilayah keenam yakni Pagaralam, Lahat sebagian kecil Muara Enim, sebagian kecil OKU Timur, dan OKU Selatan," ujar Toni dalam bimbingan teknis sumber daya manusia di Hotel Sintesa Peninsula.

Pihaknya, kata Toni, telah juga membuat rencana strategis pengembangan pariwisata Sumsel. Mulai dari bagaimana meningkatkan objek dan daya tarik wisata (ODTW), mengindentifikasikan ODTW yang dapat dijual ke "pasar" nusantara atau mancanegara, serta menciptakan ODTW baru.

 

"Tak hanya itu, kami juga berencana akan meningkatkan kualitas pelayanan hotel bintang tiga ke bawah, dan hotel lainnya untuk mendukung dunia kepariwisataan Sumsel," bebernya. Akan juga dikembangkan restoran dan rumah makan serta sarana dan prasarana komunikasi.

 

Menurut Toni, saat ini potensi wisata Sumsel sudah cukup baik. Namun ada beberapa kendala yang menyebabkan potensi itu tidak optimal. " contohnya sumber daya manusia dan infrastruktur. Karena itu, kita akan fokus mengembangkan sumber daya manusia yang ada serta mendorong pembangunan infrastruktur penunjang," pungkasnya.

 

Harian Umum Sumatera Ekspres edisi Rabu, 19 Juni 2013