Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Prediksi Ekonomi Makro Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019

Palembang - Palembang, 26 Maret 2019 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Selasa 26 Maret 2019 mengadakan Rapat Prediksi Ekonomi Makro Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019 yang berlangsung di Ruang Rapat Balaputradewa Bappeda Provinsi Sumatera Selatan lantai II pada pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini berlangsung dalam rangka mendukung ketepatan prediksi kerangka ekonomi makro Tahun 2019 dan menganalisa perekonomian berdasarkan data, kebijakan moneter sebagai dasar kebijakan perencanaan pembangunan ekonomi.

Dipimpin oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati retnaningsih, SKM., M.Kes didampingi Kepala Bank BI Perwakilan Sumsel, Yunita Resmi Sari dan Perwakilan BPS Provinsi Sumsel.

Kemudian dihadiri oleh beberapa OPD Lingkungan Provinsi Sumsel terkait yaitu Dinas Perindustian, Dinas Perdagangan, Dinas Penanaman Modal, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian TPH, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Badan pendapatan Daerah, BPKAD, Biro Perekonomian Setda, serta Staf Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam kesempatannya, Kepala Bank BI Perwakilan Sumsel menjelaskan mengenai Perkembangan Terkini Perekonomian Sumatera Selatan diantaranya mengenai pertumbuhan ekonomi tahun 2018, proyeksi PDRB Sumsel 2019, inflasi Sumsel 2019, proyeksi inflasi sumsel, dan proyeksi ekonomi nasional.

Sementara itu Perwakilan BPS dalam hal ini Keplaa Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Provinsi Sumatera Selatan memaparkan terkait Perkembangan Indikator Ekonomi Startegis Sumatera Selatan diantaranya mengenai; indicator pertumbuhan ekonomi, indicator harga dan nilai tukar petani, perdagangan luar negeri, indeks tendensi konsumen, serta penyelenggaraan event di Sumsel 2019.

BPS tidak memprediksi Indikator Makro Ekonomi. Secara Statistik, Prediksi dapat dilakukan dengan mengamati perkembangan series data yang memadai, memantau siklus data berdasarkan fenomena-fenomena ekonomi yang terjadi serta melihat kemungkinan-kemungkinan dampak yang terjadi melalui program-program yang telah dilakukan sebelumnya. *Bappeda.SS

02 April 2019 10:16:29 WIB Berita Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan