Pra Musrenbang Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018

Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Perencanaan Strategis, M. Adhie Martadhiwira, S.Sos., M.Pol. Admin mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes. Kemudian rapat dihadiri oleh seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam kesempatannya, Kepala Bappeda Provinsi Sumsel dalam hal ini Kepala Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Peencanaan Strategis memaparkan tentang prioritas IV stabilitas keamanan dan pemantapan reformasi birokrasi yang terkait KP Penanggulangan Narkoba, KP Penanganan Konflik Sosial, KP Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden, PPD Reformasi Birokrasi, Pengelolaan Keuangan dan Aset, Integrasi e-Government, PTSP dan Samsat, Kualitas dan Keterbukaan Informasi serta Kamtibnas.

Sementara itu, Aris Munandar perwakilan dari Bappeda Kota Palembang memberikan masukan bahwa Kabupaten/kota perlu mendapat masukan kegiatan seperti apa yang dilakukan provinsi untuk kabupaten/kota, hal ini akan berkaitan dengan RTRW yang disusun oleh kabupaten/kota. Dalam upaya Penangggulangan narkoba yang optimal dan maksimal perlu keterpaduan dari berbagai sektor dan program termasuk perekonomian dan disarankan melibatkan OPD sektor pertanian dengan sasaran masyarakat pertanian.

Hal tersebut tetap dilakukan sesuai kewenangan yang ada untuk melibatkan sector pertanian akan menjadi perhatian dan koreksi renja OPD yang bersangkutan melalui kegiatan pelatihan penyuluhan dan lain-lain, disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Perencanaan Strategis M. Adhie Martadhiwira, S.Sos., M.Pol.Admin.

Kesimpulan pada rapat tersebut yaitu kegiatan yang harusnya termasuk dalam IDP kiranya agar wajib dianggarkan di OPD masing-masing.*Bappeda.SS