Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pembahasan Tim Teknis LMI (Labor Market Information) System Provinsi Sumatera Selatan dan Draft Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Negara Malaysia dan Thailand

Palembang, 20 Juli 2017 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Kamis 20 Juli 2017 mengadakan pembahasan tim teknis LMI (Labor Market Information) system Provinsi Sumatera Selatan dan draft perjanjian kerjasama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Negara Malaysia dan Thailand. Berlangsung di ruangan rapat lantai II Bappeda Provinsi Sumatera Selatan pada pukul 09.00 WIB.

Rapat dipimpin oleh DR. Herfiani Rizkia, STP., M.Si mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes, kemudian dihadiri oleh Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, STMIK GI MDP, STIK Siti Khodijah, Stikes Bina Husada Palembang, serta Kopertis.

Dalam kesempatannya, DR. Herfiani Rizkia memaparkan terkait IMT-GT LMI System yaitu sistem yang menyediakan infomasi seperti kebutuhan dan ketersediaan tenaga kerja Negara IMT-GT. Berupa portal berbasis IT yang mudah.

 

Kemudian paparan dilanjutkan oleh Kabid dari Dinas Tenaga Kerja Bapak Kopli memaparkan terkait tingkst pengangguran terbuka, penduduk usia 15 Tahun ke atas menurut pendidikan tertinggi yang di tamatkan 2016-2017 (persen), serta timeline aktivitas IMT-GT LMI System Tahun 2017.

Kesimpulan rapat yang didapat yaitu Disnakertrans segera menyampaikan surat ke OPD/stakeholder terkait untuk permohonan nama-nama tim teknis LMI system dan ditindaklanjuti penyelesaian SK Gubernur tentang Tim Teknis IMT-GT LMI System, hal-hal yang perlu dipertibangkan dalam perjanjian kerjasama diantaranya sistem penerimaan tenaga kerja ke luar negeri, standar kompetensi TK yang dipersyaratkan oleh masing-masing negara, keterampilan yang harus dimiliki oleh TK, serta mekanisme rekrutmen. Kemudian terkait pembuatan portal LMI System disnakertrans segera melakukan rapat teknis dengan tenaga ahli yang sudah ditunjuk, Sumsel akan mengumpulkan ke Kemendagri mengenai pelatihan Tim Manajemen/tim teknis LMI System, serta disnakertrans segera menyesuaikan draft perjanjian kerjasama IMT-GT LMI System. *Bappeda.SS

 

 

21 Juli 2017 15:11:41 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan