Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

PERTAHANKAN KUALITAS PERENCANAAN BAPPEDA KEMBALI BERHASIL LEWATI AUDIT ISO 9001:2008

Pemeo yang mengatakan mempertahankan lebih sulit daripada merebut bukan menjadi penghalang bagi Bappeda Provinsi Sumatera Selatan untuk mempertahankan sistem manajemen mutu berupa sertifikat ISO 9001:2008. Untuk mempertahankan sertifikat – yang diperoleh pada tahun 2015 lalu-dilaksanakan audit external oleh tim NQA yang dipimpin langsung oleh Linda Saraswati selaku Lead Auditor pada Rabu, 28 Desember 2016.

Audit eksternal ini merupakan kali kedua dilakukan setelah sebelumnya dilakukannya pada Oktober 2015 lalu. Untuk melakukan audit, NQA Indonesia mengirimkan Ibu Linda Saraswati dan Bapak M. Tarmizi. serta didampingi oleh Sari Narulita, SE., MM. Bappeda sendiri, sebelumnya sudah melakukan audit internal pada 17 dan 18 November 2016. Internal audit merupakan salah prosedur yang dipersyaratkan untuk tetap berhak atas setifikat ISO.

 

Sebelum dilaksanakan assessment terhadap pelaksanaan manajemen mutu, dilakukan opening meeting yang dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., Dalam kesempatan itu, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes berharap agar jika ada temuan bisa segera diperhatikan dan ditindaklanjuti, karena ini akan meningkatkan budaya kerja. Dengan demikian pelayanan di Bappeda akan semakin baik dan berstandar.

 

Dalam opening meeting, auditor secara singkat menjelaskan metode – metode audit yang akan dilakukan. Adapun metode yang dilakukan antara lain dangan cara survey, interview, observasi, verifikasi dan sampling terhadap sistem kerja yang diterapkan di Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

 

 Linda Saraswati juga menambahkan bahwa metode – metode tersebut dilakukan untuk melihat bagaimana efektifitas pelayanan menajemen mutu yang telah diterapkan di Bappeda Provinsi Sumatera Selatan. Apakah telah dilaksanakan sesuai dengan standar ISO 9001 : 2008, yang outputnya dapat dilihat dari kualitas pelayanan mutu yang diberikan, atau sebaliknya, terjadi ketidakkonsistenan dari prosedur yang telah dibuat, atau bahkan tidak melaksanakan prosedur wajib yang menjadi standar mutu pelayanan ISO 9001 : 2008. Selain itu juga, Linda Saraswati juga memaparkan mengenai tipe – tipe temuan yang mungkin akan ditemukan pada saat audit. Temuan – temuan tersebut terdiri dari temuan yang bersifat Major dan temuan yang bersifat Minor.

 

Setelah melakukan opening meeting, auditor eksternal langsung melakukan audit sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dimulai dari Top Management, Management Representatif, Bidang-Bidang dari Bappeda Provinsi Sumatera Selatan. Dari hasil audit ini yang dilaksanakan satu hari penuh ini, auditor menyimpulkan bahwa Bappeda masih dalam koridor sesuai yang diarahkan dalam sasaran mutu yang disepakati standar ISO 9001:2008 dan tetap berhak menggunakan sertifikat ISO 9001 : 2008. (bappeda sumsel)

30 Desember 2016 09:41:18 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan