Opening Meeting Audit External ISO 9001:2008

Dalam kesempatannya, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes berharap agar kedepannya jika ada temuan bisa segera diperhatikan karena ini merupakan budaya kerja, sehingga kedepannya kerja kita bisa lebih advan.

 

Audit eksternal ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan setelah sebelumnya dilakukannya audit eksternal ISO 9001 : 2008 pada Oktober 2015. Sedangkan auditor eksternal kali ini dilakukan oleh Linda Saraswati dan M. Tarmizi yang juga dari NQA Audit Plan.

 

 

Dalam opening meeting, auditor secara singkat menjelaskan metode – metode audit yang akan dilakukan. Adapun metode yang dilakukan antara lain dangan cara survey, interview, observasi, verifikasi dan sampling terhadap sistem kerja yang diterapkan di Bappeda Provinsi Sumatera Selatan.

 

Linda Saraswati juga menambahkan bahwa metode – metode tersebut dilakukan untuk melihat bagaimana efektifitas pelayanan menajemen mutu yang telah diterapkan di Bappeda Provinsi Sumatera Selatan apakah telah dilaksanakan sesuai dengan standar ISO 9001 : 2008 yang outputnya dapat dilihat dari kualitas pelayanan mutu yang diberikan atau sebaliknya apakah terjadi ketidakkonsistenan pelayanan terhadap prosedur yang telah dibuat atau tidak melaksanakan prosedur wajib yang menjadi standar mutu pelayanan ISO 9001 : 2008.

 

Selain itu juga, Linda Saraswati juga memaparkan mengenai tipe – tipe temuan yang mungkin akan ditemukan pada saat audit. Temuan – temuan tersebut terdiri dari temuan yang bersifat Major dan temuan yang bersifat Minor.

 

Setelah melakukan opening meeting, auditor eksternal langsung melakukan audit sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dimulai dari Top Management, Management Representatif, Bidang-Bidang dari Bappeda Provinsi Sumatera Selatan. Setelahnya, akan dilakukan audit reporting serta closing meeting. (Bappeda SS)