Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Pelatihan Aplikasi e-Planning Tahun 2016

Palembang, 15 Februari 2016 Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Jumat 12 Februari 2016 mengadakan pelatihan e-Planning 2016 yang bertempat di Aula Bappeda Lantai III. Acara ini dibagi 2 (dua) waktu, yaitu pada pukul 09.00 WIB dan pukul 14.00 WIB.

Pada pukul 09.00 WIB, rapat dipimpin dan dibuka oleh Syahron Nazil, SH Kepala Bidang Program Data dan Informasi mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes didampingi Joni Awaludin, SE, MT, MA Kasubbid Data dan Informasi Bappeda Provinsi Sumatera Selatan. Kemudian pada sesi ini dihadiri oleh Seluruh SKPD Provinsi Sumatera Selatan.

Selanjutnya, pada pukul 14.00 WIB, rapat dipimpin dan dibuka oleh Joni Awaludin, SE, MT, MA Kasubbid Data dan Informasi didampingi oleh Fikri Herianto, S.Kom Staf Bidang Data dan Informasi Bappeda Provinsi Sumatera Selatan. Dihadiri oleh Bappeda Kab/Kota Provinsi Sumatera Selatan.


Tantangan pembangunan semakin dinamis, aspirasi masyarakat semakin meningkat, dan metodologi perencanaan yang bervariasi. Oleh karena itu diadakanlah pelatihan aplikasi e-Planning yang bertujuan mengkonsistensikan RPJMD dan Renstra SKPD, efisien, efektif dan transparan dalam menyusun RKPD dan Renja SKPD, serta mempermudah pengolahan data usulan baik sektoral maupun wilayah.

Sistem e-Planning merupakan aplikasi pengelolaan perencanaan pembangunan yang dibangun dalam rangka meningkatkan efektifitas dan efisiensi perencanaan guna mendukung target dan sasaran RPJMD Provinsi Sumatera Selatan.

Disampaikan oleh Fikri Herianto bahwa manfaat dari e-Planning ini dapat diakses dimana saja, lalu bisa menggunakan device apapun, e-Planning juga bisa mencegah Human Error . Dengan pengolahan data secara digital diharapkan tidak terjadi lagi kesalahan penjumlahan dan pengurutan karena berbasiskan komputerisasi, menjaga kesesuaian RKPD sampai dengan proses terwujudnya KUA PPAS, SKPD tidak bisa membuat program/ kegiatan yang belum tercantum di RPJMD dan Renstra SKPD.

Dalam kesempatannya, Fikri Herianto juga memaparkan mengenai alur kerja sistem e-Planning, perkembangan sistem e-Planning Sumatera Selatan, alur proses tahapan perencanaan melalui e-Planning, mekanisme penginputan, serta jadwal usulan e-Planning. (Admin)

16 Februari 2016 15:16:29 WIB Bappeda Terkini

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan