Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Bangun KA Trans Sumatera, Alex Bilang Besok Bahas Bersama Menteri

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan pembangunan kereta api Trans Sumatera mulai dibangun tahun ini. Diketahui bila Kemenhub akan membangun rel kereta api dari Palembang menuju Jambi.

"Besok, saya akan bertemu Menteri untuk membahasnya," kata Alex saat dibincangi Sripoku.com di Griya Agung, Jalan Demang Lebar Daun Palembang, Minggu (22/2/2015).

Jalur kereta api Trans Sumatera rencananya menghubungkan beberapa kota lintas provinsi di Pulau Sumatera, yakni Rantau Prapat – Kota Pinang – Duri – Dumai - Duri – Pekanbaru – Rengat – Jambi – Betung – Kertapati - Pekanbaru – Muaro – Muaro Kalaban – Sawah Lunto.

Pembangunan jalur kereta api Trans Sumatera bertujuan untuk mewujudkan peran moda kereta api sebagai angkutan massal, serta membantu kelancaran perekonomian yang terintegerasi, baik inter dan antar moda pada masing-masing wilayah Pulau Sumatera.

Pembangunan jalur kereta api sepanjang sekitar 2.168 kilometer akan menelan biaya sekitar Rp30 triliun dan ditargetkan selesai dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Untuk per kilometer diperkirakan memakan biaya sebesar Rp25 miliar. Namun, bila kondisinya banyak jembatan dan timbunan, maka kebutuhan dana bisa mencapai Rp 35-Rp 40 miliar.

 

http://palembang.tribunnews.com

23 Februari 2015 07:56:29 WIB Seputar Sumsel

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan