Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

IKM Sumsel Memikat Kementerian Perindustrian

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA - Sumsel berhasil membuat produk Industri Kecil Menengah (IKM) berbicara di tingkat nasional. Hal itu terlihat dari digelarnya Sriwijaya Exhibition II di Plasa Gedung Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, Selasa (28/10).

Dalam acara yang dihadiri Wagub Sumsel H Ishak Mekki, Menperin, M Saleh Husin, Bupati Muba Pahri Azhadri, Bupati Oku Selatan Muhtadin Sera'i, dan Anggota DPR RI asal Sumsel, Yulian Gunhar dan Bertu Merlas, Sumsel berhasil memikat para pengunjung yang memadati gedung tersebut.

Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki yang didamping Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangan (Disperindag) Sumsel Permana mengatakan, salah satu yang membuat pertumbuhan ekonomi Sumsel meningkat adalah peran sektor industri khususnya yang dilakukan oleh IKM yang ada di provinsi Sumatera Selatan, Oleh karena itu perlu dilakukan promosi bagi para IKM secara rutin.

"Jika pengrajin memiliki keyakinan dan keinginan untuk melakukan produksinya dengan efektif dan efisien maka Sumsel siap menghadapi banjirnya produk dari luar negeri," terang Ishak yang dalam acara itu juga melakukan MoU dengan Menperin dan Apindo Sumsel untuk pengembangan IKM Pandai Besi.

Selanjutnya dikatakan Ishak untuk meningkatkan pertumbuhan dan pengembangan industri di Sumsel, Pemprov Sumsel telah melakukan berbagai langkah strategis guna memberikan iklim usaha yang lebih baik, diantaranya adalah dengan penetapan Kawasan Tanjung Api Api sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 2014.

Sebagai langkah untuk meningkatkan kemampuan pemasaran produk pengrajin dirinya menyambut baik terlaksananya Sriwijaya Exhibition ini sebagai langgkah untuk meningkatkan kemampuan pemasaran pengrajin.

Ditempat yangg sama Wagub Ishak Mekki jugga memberikan apresiasi kepada Pengrajin IKM yang bekerja keras dan bersemangat untuk bersama sama maju penggembangkan hasil industrinya demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Menteri Perindustrian RI yang baru saja melakukan Sertijab, M Saleh Husin mengatakan, meski baru ditunjuk sebagai menteri. Dirinya berkomitmen mendukung upaya promosai produk-produk asal bumi sriwijaya tersebut.

Karena selain dirinya tahu persis hasil IKM yang diroduksi oleh Sumsel juga karena adanya hubungan emosional dengan Sumatera Selatan yaitu Ny Saleh Husin adalah berasal dari Sumatera Selatan. Dalam kesempatan itu Saleh Husin juga meyakini bahwa prooduksi IKM apabila dikembangkan dengan baik juga bisa maju pesat dalam menembus pasar IInternaasional, seperti produksi garmen.

"Disini bisa dibuktikan jika pakaian daerah bukanlah pakaian kampungan. Bahkan, jika terus dikembangkan saya yakin bisa maju pesat dalam menembus pasar internasional," kata Saleh singkat.

Dalam acara itu juga dilakukan fashion show pakaian khas Palembang dengan menggunaan bahan dasar khas Paembang seperti kain jumputan yang langgsung disambut oleh Kemenperin agar peragaan busana Palembang ini jugga akan diikut sertakan dalam gelaran gelaran lain yang lebih besar.

 

sumsel.tribunnews.com

29 Oktober 2014 08:35:09 WIB Seputar Sumsel

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan