Berita :: Bappeda Prov. Sumsel

Udara Palembang Kembali ke Level Normal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumsel, Lukita Riaty mengungkapkan, Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kota Palembang telah memasuki level normal sejak kemarin.

"ISPU mencapai level 53, artinya kondisi udara sudah normal. Rinciannya, O3 mencapai 15, S 20, No2 40, Co 2, dan Pm10 mencapai 53. Kalau terakhir ISPU, mencapai 112 dan sempat menyentuh level 700," katanya.

Dengan angka tersebut, BLH Sumsel memastikan masyarakat tak perlu khawatir terhadap kualitas udara di Kota Palembang. Ia berharap status ISPU terus membaik.

Sebelumnya kabut asap yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan dan lahan secara perlahan mulai menipis sejak tiga hari belakangan. Jarak pandangan yang berkurang, titik api yang menurun serta turun hujan menjadi awal perubahan kabut asap berangsur menghilang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Yulizar Dinoto mengatakan, pihaknya memantau titik api dari Satelit Terra dan Aqua pada pukul 05.00 WIB, Rabu 22 Oktober menunjukkan penurunan secara signifikan.

Di Cengal dan Pampangan ada empat titik api, Pedamaran ada dua titik dan Tulung Selapan terpantau 19 titik. Penurunan titik api membuktikan kabut asap mulang menghilang," kata Yulizar saat ditemui di ruang kerjanya.

 

palembang.tribunnews.com

23 Oktober 2014 11:45:26 WIB Info Publik

© 2017 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Selatan